img15 img15a mig16a mig16 img6 img8 img10 img11 img13 img18 mg0 mig16 mig16 mig16 mig16 mig16 mig16 mig16 mig16 mig16 mig16 mig16 mig17
img151 img15a2 img223 mig164 img65 img86 img107 img118 img139 > img1810 mg011 mig1612 mig1713 mig1814 mig1915 mig2016 mig2117 mig2218 mig2319 mig2420 mig2521 mig622 mig2723 mig2724

Pendidikan

Minat Perilaku Dan Promosi Kesehatan (PPK)

STUDENT CENTERED LEARNING (SCL)

Proses belajar mengajar di Minat Perilaku dan Promosi Kesehatan (MPPK) dirancang dengan Metode Pembelajaran Berpusat Mahasiswa (PBM), atau Student Centered Learning (SCL). SCL bertujuan untuk menempatkan mahasiswa sebagai peserta didik yang aktif dan mandiri, dengan kondisi psikologik sebagai pembelajar dewasa, bertanggungjawab sepenuhnya atas pembelajarannya, serta mampu belajar di luar kelas. Sistem pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi sarana pengayaan pengetahuan dan peningkatan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa menjadi lebih optimal. Selain itu, kurikulum di MPPK disusun dengan mengacu pada kompetensi ahli promosi kesehatan internasional. Oleh karenanya, diharapkan alumni MPPK menjadi ahli promosi kesehatan yang profesional, mampu berkompetisi dan memiliki standar Internasional.

Sekretariat Rancangan proses belajar-mengajar di MPPK mengacu dari The Interactive Domain Model of Best Practice in Health Promotion & Public Health (Kahan & Goodstadt 2005) seperti gambar 1 berikut :

 

Gambar 1. The Interactive Domain Model of Best Practice in Health Promotion & Public Health (Kahan & Goodstadt 2005)

Materi kuliah di MPPK dibagi dalam 5 ( lima ) blok yang pelaksanaannya dilakukan selama 2 (dua) semester. Alur penyusunan modul Blok I – V SCL MPPK sesuai dengan Interactive Domain Model (IDM) Framework for Best Practice in Health Promotion & Public Health (Barbara Kahan and Michael Goodstadt – May 2005).

BLOK I : PRIORITY HEALTH PROBLEM

Blok I menekankan pada tiga kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa . Ketiga kompetensi tersebut adalah pemahaman tentang determinan kesehatan, penguasaan pengetahuan dasar untuk melakukan promosi kesehatan serta keterampilan untuk melakukan identifikasi masalah. Kompetensi tersebut akan dicapai oleh mahasiswa melalui pembelajaran yang dilakukan dalam 2 unit belajar.

BLOK II : NEED AND TARGET ASSESSMENT

Blok Need and Target Assessment ini berisi tentang cara melakukan pengkajian kebutuhan dan melakukan targeted assessment. Pada blok ini terdapat 3 unit belajar yaitu (1) identifikasi dan sumber data kebutuhan kesehatan individu, masyarakat dan penduduk (dari tingkat lokal sampai nasional), serta identifikasi perilaku, lingkungan dan organisasi yang dapat mendukung atau meningkatkan kesehatan; (2) metode dan strategi pengumpulan data yang dapat digunakan dalam identifikasi kebutuhan individu dan masyarakat; serta (3) kemampuan untuk menyusun alternatif dan prioritas intervensi yang dapat diterima oleh masyarakat.

BLOK III : PROGRAM DEVELOPMENT

Blok ini membahas berbagai teori perubahan perilaku sebagai dasar dalam merancang program promosi kesehatan, langkah-langkah dalam merancang program promosi kesehatan serta berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk merancang program promosi kesehatan tersebut. Selain itu, pada blok ini juga akan disinggung mengenai evaluasi program promosi kesehatan, karena metode evaluasi program termasuk hal yang harus dirancang sebelum program promosi kesehatan tersebut diimplementasikan. Pada blok ini, mahasiswa akan mempelajari hal-hal tersebut secara teoritis sekaligus praktis dengan merancang program promosi kesehatan dengan mengacu pada hasil need assessment yang telah dilakukan pada blok II. Hasil perancangan program ini akan diimplementasikan pada blok IV.

BLOK IV : IMPLEMENTATION PROGRAM

Blok IV merupakan tahapan implementasi dari program yang telah dirancang pada blok III. Untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan, blok ini terdiri dari beberapa unit, yaitu (1) desain implementasi; (2) strategi dan teori yang mendasari pelaksanaan program promosi kesehatan; (3)pengelolaan program promosi kesehatan, dan (4) berbagai masalah implementasi program promosi kesehatan.

Pembelajaran di dalam Blok IV sedikit berbeda dengan blok sebelumnya, karena ada tambahan pembelajaran keterampilan komunikasi dalam suasana laboratorium, selain diskusi tutorial dan kuliah. Sebagai salah satu strategi dalam promosi kesehatan penguasaan teknik komunikasi, mulai dari komunikasi individu sampai teknik presentasi untuk massa akan dilatihkan. Karyasiswa akan melaksanakan program promosi langsung pada masyarakat. Oleh karena itu, selain teknik komunikasi, karyasiswa akan diperkenalkan dengan strategi lainnya seperti advocacy, pembentukan jejaring, pemasaran sosial dan belajar mengajar. Teori dan praktis manajemen akan didiskusikan dalam blok IV ini karena manajemen merupakan teori yang dapat diaplikasikan dalam implementasi Blok IV.

Karyasiswa akan terjun langsung ke lapangan untuk melaksanaan program promosi kesehatan yang telah dirancang di Blok III. Guna membekali praktek pelaksanaan program promosi, karyasiswa juga dikenalkan dengan issues promosi kesehatan yang muncul.

BLOK V : EVALUATION PROGRAM

Blok V terdiri dari 3 unit, dimulai dengan filosofi evaluasi, dilanjutkan dengan rancangan epidemiologi dan metode penelitian sosial sebagai dasar evaluasi program promosi kesehatan. Blok V akan diakhiri dengan pembahasan mengenai analisis evaluasi promosi kesehatan, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Desain evaluasi yang sebaiknya sudah dirancang sejak tahap perencanaan program akan lebih dibahas dari sisi metodologi, epidemiologi dan metode penelitian sosial di dalam blok ini. Selain itu pendalaman metode riset, khususnya rancangan eksperimen dan metode kualitatif yang telah dipelajari sebelumnya akan kembali didiskusikan dan diperkaya untuk memperkuat pengukuran keberhasilan sebuah program promosi kesehatan.

Pembelajaran di dalam blok V ini merupakan akhir dari pembelajaran yang berpusat pada karyasiswa. Oleh karena itu, pada akhir blok 5, karyasiswa diminta untuk mempresentasikan hasil program promosi kesehatan, mulai dari identifikasi masalah sampai dengan evaluasi program. Karyasiswa akan terjun langsung ke lapangan untuk melakukan evaluasi program promosi kesehatan yang telah dilaksanakan pada Blok IV.

KONSENTRASI MINAT :  

  • Konsentrasi Promosi Kesehatan di Rumah Sakit :
  • Konsentrasi Promosi Kesehatan di Sekolah :
  • Konsentrasi Promosi Kesehatan di Tempat Kerja :

 

Kurikulum Inti Program Studi

Kurikulum inti Ilmu Kesehatan Masyarakat merupakan mata kuliah-mata kuliah yang harus ada dalam pendidikan Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat sesuai dengan Pedoman dari ASPH (Association of Schools of Public Health). Kurikulum inti Ilmu Kesehatan Masyarakat sebanyak 22 SKS, meliputi:

Kode MK Nama Mata Kuliah SKS
KUI 611 Biostatistika 3 SKS
KUI 602 Epidemiologi 3 SKS
KUI 661 Kebijakan dan Manajemen Kesehatan 2 SKS
KUI 601 Metodologi Penelitian 2 SKS
KUI 616 Ilmu Sosial dan Perilaku 2 SKS
KUI 777 Kesehatan Lingkungan 2 SKS
KUI 801 Tesis 8 SKS
 

Total

22 SKS

Kurikulum inti ini mengacu pada standar materi, modul dan RPKPS. Beberapa mata kuliah kurikulum inti mempunyai kegiatan kuliah bersama dan beberapa mata kuliah pelaksanaannya diserahkan kepada masing-masing minat dengan pengampu dan dosen mata kuliah yang merupakan anggota tim mata kuliah tersebut

Kurikulum Minat

Kode MK Nama Mata Kuliah SKS

SEMESTER.1

KUI 602 Epidemiologi 3 SKS
KUI 611 Biostatistik 3 SKS
KUI 6161 Blok I : Priority Health Problem 4 SKS
KUI 6162 BLOK II : Need and Target Assessment 4 SKS

SEMESTER 2

KUI 601 Metodologi Penelitian 3 SKS
KUI 6163 BLOK III: Program Development 2 SKS
KUI 7134 BLOK IV : Program Implementation 2 SKS
KUI 719 BLOK V : Evaluation and Feed Back 3 SKS
 
KONSENTRASI MINAT (PILIH SALAH SATU)
 
 

Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi Program Promkes:

  • Promosi Kesehatan di Rumah Sakit
  • Promosi Kesehatan di Sekolah
  • Promosi Kesehatan di Tempat Kerja
  • Promosi Kesehatan di Masyarakat
6

SEMESTER 3

KUI 800 Tesis 8 SKS
     

Informasi
Triasih W/Asnandar
Telp/Fax: 0274-551409; 551410
E-mail: triaspanggih@yahoo.com
http://mppk.ugm.ac.id

Permohonan Brosur
Nama
Alamat
No.Hp
Email
 
Her-Registrasi
Pendaftaran Mahasiswa

Peminatan : ..........................................
Aplikasi :
..........................................
Link :
..........................................
Jurnal :
..........................................
Download :